3 Doa Agar Terbebas Dari Hutang Yang Diajarkan Rasulullah

3 Doa Agar Terbebas Dari Hutang Yang Diajarkan Rasulullah
ilustrasi gambar : 3 Doa Agar Terbebas Dari Hutang Yang Diajarkan Rasulullah
 

3 Doa Agar Terbebas Dari Hutang Yang Diajarkan Rasulullah


LANGITALLAH.com | Doa Rasulullah Agar Terbebas Dari Hutang
Hidup ini tak selalu mudah dan juga tak selalu sulit. terkadang sebuah keadaan memaksa kita untuk berhutang pada orang lain. namun tak sedikit yang ternyata kesulitan untuk membayar dan melunasi hutang-hutangnya yang tak kunjung habis.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan kepada kita ummatnya melalui lisan para sahabat beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berupa doa-doa agar terbebas dari hutang, doa-doa agar kita bisa melunasi hutang dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Apa saja doa yang dapat kita panjatkan kepada Allah Ta’ala agar hutang-hutang kita dapat segera terlunasi, sehingga kita bisa segera terbebas dari hutang?. Dikutip dari dalil-dalil hadits yang diriwayatkan dari para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, setidaknya ada 3 doa agar terbebas dari hutang sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu :


DOA PERTAMA


Doa Agar Terbebas Dari Hutang / Doa Agar Bisa Melunasi Hutang

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allaahummakfinii bihalaalika 'an haraamika, wa aghninii bifadhlika 'amman siwaak.
“Ya Allah, cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Jadikanlah aku kaya dengan karuniaMu (hingga aku tidak minta) kepada selainMu.”
[HR. Abdullah bin Ahmad dalam Zawa-idul Musnad No.1319; At-Tirmidzi No.3563 dan Al-Hakim 1/537]

At-Tirmidzi mengatakannya sebagai hadis hasan, dan dihasankan pula oleh Syaikh Al-Albani. Sedangkan Al-Hakim mensahihkannya.

Dari Abu Wa-il (Syaqieq bin Salamah), katanya, “Ada seseorang yang menghampiri Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu seraya berkata, ‘Wahai Amirul Mukminin, aku sudah tak mampu lagi mencicil uang untuk menebus kemerdekaanku, maka bantulah aku’. Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu menjawab, ‘Maukah kau kuajari beberapa kalimat yang pernah Rasulullah ajarkan kepadaku? (yang) dengan membacanya, walaupun engkau menanggung utang sebesar gunung Shabier, niscaya Allah akan melunasinya bagimu!’. ‘Mau’, jawab orang itu. ‘Ucapkan: (doa di atas).”

Dalam riwayat lain, yang dinamakan Shabier adalah sebuah gunung di daerah suku Thay atau sebuah gunung di Yaman.


DOA KEDUA


Doa Agar Terbebas Dari Hutang / Doa Agar Bisa Melunasi Hutang

اَللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ، وَتَنْزِعُ الْمُلكَ مِمَّنْ تَشَاءُ، وُتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ، وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ، بِيَدِكَ الخَيْرُ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، رَحْمَانَ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَرَحِيْمَهُمَا، تُعْطِيهِمَا مَنْ تَشَاءُ وَتَمْنَعُ مِنْهُمَا مَنْ تَشَاءُ، اِرْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِينِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Allaahumma maalikal mulki tu'til mulka man tasyaa', wa tanzi'ul mulka mimman tasyaa', wa tu'izzu man tasyaa', wa tudzillu man tasyaa', biyadikal khair, innaka 'alaa kulli syai-in qadiir, rahmaanad-dunyaa wal aakhirati wa rahiimahumaa, tu'thiihimaa man tasyaa' wa tamna'u minhumaa man tasyaa', irhamnii rahmatan tughniinii bihaa 'an rahmati man siwaak.
“Ya Allah, Pemilik Seluruh Kekuasaan. Engkau beri kekuasaan kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau mencabutnya dari siapa yang Engkau kehendaki. Engkau memuliakan siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau menghinakan siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan-Mu-lah segala kebaikan, dan Engkau Maha Berkuasa Atas Segala Sesuatu. Wahai Pengasih di Dunia dan Akhirat dan Penyayang di keduanya, Engkau memberikan keduanya (dunia dan akhirat) kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan menahan keduanya dari siapa yang Engkau kehendaki. Rahmatilah aku dengan rahmat-Mu yang menjadikanku tak lagi memerlukan belas kasih selain-Mu.”
[HR. At-Thabrani dalam Al-Mu’jamus Shaghier dengan sanad yang dianggap jayyid oleh Al-Mundziri. Sedangkan Syaikh Al-Albani menghasankannya; lihat Shahih at-Targhieb wat Tarhieb No. 1821].

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata kepada Mu’adz bin Jabal, “Maukah engkau kuajari sebuah doa yang bila kau ucapkan, maka walaupun engkau memiliki utang sebesar gunung Uhud, Allah akan melunasinya? Katakan hai Mu’adz: (doa di atas).”

Kalau dalam hadis sebelumnya terdapat isyarat agar kita mengakhiri doa dengan penegasan akan nilai tauhid, dalam hadis ini sebaliknya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kita untuk memulai permintaan dengan menegaskan masalah tauhid. Karenanya beliau memulainya dengan kalimat-kalimat yang menunjukkan kemahaesaan Allah dari sisi Rububiyyah. Lalu mengikutinya dengan kalimat yang berhubungan dengan tauhid asma’ was sifat. Yaitu dengan menetapkan bahwa semua kebaikan berada di tangan-Nya, dan bahwasanya Dia berkuasa atas segala sesuatu. Demikian pula dengan kalimat berikutnya, yang merupakan seruan kepada Allah, dengan menyebut dua di antara nama-nama Allah yang indah, yaitu Rahman dan Rahim. Kemudian barulah si hamba menyebutkan hajat utamanya, yaitu agar Allah melunasi utangnya dan mengentaskannya dari kemiskinan.


DOA KETIGA


Doa Agar Terbebas Dari Hutang / Doa Agar Bisa Melunasi Hutang

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Allaahumma innii a'uudzu bika minal ma'tsami wal maghram.
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan sulitnya utang.”
[HR. Bukhari no.2397 dan Muslim no.5]


Itulah 3 Doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para sahabatnya ketika sahabat dalam keadaan terlilit hutang dan sulit untuk melunasi hutangnya, sehingga Rasulullah memberikan doa agar terbebas dari hutang.

Tentu saja, doa-doa tersebut di atas tidak akan efektif dan hanya sekedar doa tak berfaedah jika hanya diucapkan tanpa diresapi maknanya dan diwujudkan esensinya dalam kehidupan sehari-hari. Percuma saja jika seseorang mengucapkan doa tersebut namun penghasilan yang ia dapatkan berasal dari sesuatu yang haram atau syubhat.

Doa-doa tersebut di atas juga tak akan dikabulkan oleh Allah Ta’ala jika seorang hamba yang terlilit hutang yang meski setiap saat membacanya, namun ia masih melakukan perilaku syirik akbar dalam hidupnya. Syirik akbar sebagaimana diketahui akan membatalkan segala amalan seorang hamba bahkan mengeluarannya dari agama islam.

Oleh sebab itu, tak ada jalan lain jika mengharapkan doa ini dikabulkan oleh Allah Ta’ala adalah dengan benar-benar meninggalkan perbuatan yang dibenci oleh Allah Ta’ala sembari memohon ampun dan bertaubat hanya kepada-Nya. Hanya Allah ‘Azza wa Jalla yang menguasai nasib kita di dunia. Dia-lah yang memberi ujian berupa kesempitan dan Dia pula yang melapangkannya kembali. Bertawakkallah hanya kepada Allah Ta’ala atas segala usaha kita di dunia ini.

Wallahu a’lam bishshawab


Label : Doa, doa agar terbebas dari hutang, doa agar bisa melunasi hutang
Deskripsi : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan kepada ummatnya melalui lisan para sahabat beliau berupa doa-doa agar terbebas dari hutang, doa-doa agar bisa melunasi hutang dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel