Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi Setiap Jum’at. LUAR BIASA

Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi Setiap Jum’at. LUAR BIASA
Ilustrasi : Bacaan Surah Al-Kahfi
 

Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi Setiap Jum’at. LUAR BIASA


LANGITALLAH.com | Keutamaan Surah Al-Kahfi
Terdapat banyak amalan-amalan sunnah yang dapat kita sebagai seorang muslim kerjakan pada setiap Jum’at, baik itu pada malam Jum’at atau juga pada siang hari di hari Jum’at, hingga matahari terbenam di hari itu.

Diantara beberapa amalan yang disunnahkan dikerjakan pada hari Jum’at adalah memperbanyak bacaan shalawat atas Nabi, memperbanyak istighfar, memperbanyak doa, mencukur kumis, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, membaca surah Al-Kahfi, dan sebagainya.

(baca juga : Memanjangkan kuku hukumnya haram. Benarkah?)


Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menerangkan keutamaan dalam membaca Surah Al-Kahfi bagi ummatnya. Surah Al-Kahfi sesuai dengan petunjuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam disunnahkan agar dibaca pada setiap Jum’at dalam setiap pekannya.

Jum’at yang dimaksud adalah jum’at pada malam atau pun juga siang harinya, yang masing-masing memiliki keutamaan-keutamaan berdasarkan dalil-dalil yang shahih.

(baca juga : Dahsyatnya 4 Keutamaan Membaca Shalawat)
(baca juga : Amalan Sunnah WANITA di hari Jum'at)


Dalil Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi pada Malam Jum’at

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, ia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah”. [Shahih, HR. Ad-Darimi; Shahihul Jami’: 6471 al-Albani]


Dalil Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi pada Hari Jum'at

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, ia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at...” [Shahih, HR. An-Nasa’i, al-Baihaqi; Shahihul Jami’: 6470]

Kedua hadits di atas adalah hadits yang sama-sama memiliki derajat yang sama, yaitu Shahih. Namun perbedaannya adalah, bahwa pada hadits pertama menyebutkan keutamaan membaca surah Al-Kahfi pada malam Jum’at, sedangkan pada hadits yang kedua disebutkan keutamaan membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at.

Al-Munawi menukil keterangan al-Hafidz Ibnu Hajar,
Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam kitabnya al-Amali, ia berkata : “Anjuran membaca al-Kahfi ada di beberapa riwayat, ada yang menyatakan Hari jum’at dalam riwayat lain Malam jumat. Bisa kita kompromikan bahwa waktu yang dimaksud adalah siang dan malam jumat.” [Faidhul Qadir, 6/258].

Al-Munawi juga mengatakan,

فيندب قراءتها يوم الجمعة وكذا ليلتها كما نص عليه الشافعي

“dianjurkan untuk membaca surat al-Kahfi di hari jumat atau malam harinya, sebagaimana ditegaskan Asy-Syafi’i.” [Faidhul Qadir, 6/257].

Imam Asy Syafi’i dalam kitab Al Umm (1/208) mengatakan:

بلَغَنَا أَنَّ من قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ وُقِيَ فِتْنَةُ الدَّجَّالِ، وَأُحِبُّ كَثْرَةَ الصَّلَاةِ على النبي (صلى اللَّهُ عليه وسلم) في كل حَالٍ وأنا في يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَتِهَا أَشَدُّ اسْتِحْبَابًا، وَأُحِبُّ قِرَاءَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَهَا لِمَا جاء فيها

“telah sampai dalil kepadaku bahwa orang yang membaca surat Al Kahfi akan terjaga dari fitnah Dajjal. Dan aku menyukai seseorang itu memperbanyak shalawat kepada Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam di setiap waktu dan di hari Jum’at serta malam Jum’at lebih ditekankan lagi anjurannya. Dan aku juga menyukai seseorang itu membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at dan pada hari Jum’at karena terdapat dalil mengenai hal ini”. [Al Umm 1/208].

Maka telah jelas di tengah-tengah kita bahwa disunnahkan membaca surah al-Kahfi pada malam dan hari Jum'at, bukan membaca surah Yasin atau surat yang lainnya, dengan tidak merendahkan surah lainnya, sebab sesungguhnya seluruh surah dalam Al-Qur’an adalah surah-surah yang agung. Hanya saja untuk kekhususan sunnah yang diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada ummatnya, maka sudah sepatutnya untuk kita senantiasa menghidupkan sunnah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bukan dengan mengada-adakan hal perkara baru di tengah ummat.

Dan telah jelas bahwa tidak ada dalil yang shahih dan tegas yang mengkhususkan disyariatkannya membaca surah yasin pada malam Jum'at.


Rentang Waktu Membaca Surah Al-Kahfi

Dan malam Jum’at itu dimulai sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis dan hari Jum’at berakhir pada waktu matahari terbenam di hari itu.

Sehingga membaca surah Al-Kahfi sudah dapat dimulai sejak hari kamis ketika matahari sudah terbenam, yang sekaligus menandakan masuknya hari Jum’at. dan berakhir pada hari Jum’at sore hari ketika matahari terbenam yang sekaligus menandakan hari Jum’at telah berakhir dan memasuki hari Sabtu.


KEUTAMAAN Membaca Surah Al-Kahfi

Mengapa umat muslim sangat dianjurkan untuk mengamalkan membaca Surah Al-Kahfi di setiap hari Jum’at atau malam Jum’at? apakah ada faedah atau keutamaan Al-Kahfi di hari itu?.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” [HR. Abu Bakr bin Mardawaih]

Diantara keutamaan-keutamaan membaca Surah Al-Kahfi di hari Jum’at dan di malam Jum’at adalah :

1. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Banyak dalil yang menyebutkan bahwa Dajjal tak akan dapat melukai siapapun umat muslim yang membaca surah Al-Kahfi.

Diantara dalil-dalil tersebut adalah :

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” [HR. Dailami].

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.” [HR. Muslim]

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” [HR. Muslim]

“Barang siapa diantara kalian yang mendapatinya (dajjal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajjal tersebut).” [HR. Abu Daud].

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa pada surat al-Kahfi itu tedapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah Ta’ala. Sebagaimana yang disebutkan dalam ayat :

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِنْ دُونِي أَوْلِيَاءَ

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku?…” [QS. Al-Kahfi: 102]


2. Mendapat Pengampunan Dosa

Setan tidak akan pernah berhenti dan berputus asa untuk menggoda anak cucu Adam, sehingga mereka semua terjerumus ke dalam kesesatan yang akan membawanya masuk ke dalam lembah Jahannam. Tak ada satu manusia di muka bumi ini yang tak memiliki dosa, dan sebaik-baik manusia yang berdosa adalah mereka yang bertaubat, senantiasa berharap akan ampunan dari Allah Ta’ala atas dosa-dosanya.

Bagi setiap muslim, hari Jum’at adalah hari istimewa yang menyediakan kesempatan agar Allah dapat mengampuni dosa-dosa hamba yang mau mengamalkan sunnah ini. Sunnah ini adalah membaca Surah Al-Kahfi di hari Jum’at atau di malam Jum’at.

Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullulah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.”. [HR. Abu Bakr bin Mardawaih]


3. Disinari Cahaya Kebaikan

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri Juga menyebutkan bahwa dari Rasullulah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dan Baitul ‘atiq.”
[Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736]

Wallahu ‘alam

(baca juga : Cara Mandi Junub Rasulullah)

Demikian risalah “Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi”, semoga kita semua dapat mengikuti segala sunnah yang diperintahkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallah dan menjauhi segala bentuk yang diada-adakan yang tidak pernah dikerjakan di masa beliau dan sahabatnya. 


Label : Jum’at, Al-Kahfi, Keutamaan Surah Al-Kahfi, Hadits, Akhlak, Pendidikan
Deskripsi : Terdapat banyak amalan-amalan sunnah yang dapat dikerjakan di hari Jum’at. Hanya saja sebagian muslim menganggap hal tersebut sekedar amalan biasa, padahal ada keutamaan luar biasa di balik sunnah membaca surah Al-Kahfi dan amalan-amalan lainnya di hari jum’at.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel