BOLEHKAH MENGUSIR JIN/SETAN DENGAN MP3 AYAT PENGUSIR JIN?

Cara Syar’i Mengusir Jin atau Setan Dari Rumah - bolehkan mengusir jin atau setan dengan MP3 ayat pengusir jin?
Ilustrasi : Rumah Tua

Cara Syar’i Mengusir Jin atau Setan Dari Rumah


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

LANGITALLAH.com | Cara Syar’i Mengusir Jin atau Setan Dari Rumah
Tak ada satu rumah pun di dunia ini yang luput dari setan yang bernama 'Dasim'. Dasim ini adalah setan yang khusus bertugas di dalam setiap rumah dan mengganggu seluruh penghuni rumah yang ada di dalamnya.

Pada dasarnya jin atau setan secara keseluruhan adalah makhluk yang tak kasat mata. Sehingga secara normal oleh pandangan mata manusia tak mampu dijangkau oleh karena Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjadikan batas penglihatan manusia yang tak akan mampu melihat bangsa jin kecuali mereka yang dikehendaki oleh Allah Ta’ala.

Namun meski tak kasat mata, keberadaan jin atau yang sering juga disebut setan ini wajib kita yakini, termasuk adanya jin atau setan yang ada di dalam rumah yang ditinggali apalagi bangunan rumah yang lama tidak ditinggali oleh pemiliknya.

Jin atau setan ‘Dasim’ ini memang bertugas mendiami setiap rumah-rumah yang dibangun oleh manusia, namun bukan berarti manusia tak mampu untuk mengusir mereka dari rumah tersebut. Ini semua tergantung seberapa besar keinginan kita untuk membuatnya tidak betah untuk tinggal bersama-sama kita di dalam rumah.

Salah satu penyebab mengapa jin atau setan yang bernama ‘Dasim’ ini betah berada di dalam rumah adalah oleh karena rumah tersebut jarang sekali terdengar lantunan suara ayat-ayat suci Al-Qur’an dibacakan oleh sang pemilik rumah.


Cara Syar’i Mengusir Jin atau Setan Dari Rumah

 
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir jin atau setan dari dalam rumah. Dan salah satu cara yang paling efektif adalah dengan membacakan ayat-ayat surah Al-Baqarah.

Cara mengusir jin atau setan dari rumah dengan membacakan ayat-ayat surah Al-Baqarah ini telah diperintahkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
 
“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” [HR. Muslim no.780, At-Turmudzi no.2877].

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu mengatakan, 
“Sesungguhnya setan, apabila mendengar surat Al-Baqarah dibacakan di dalam rumah, maka dia akan keluar dari rumah itu.” [HR. Ad-Darimi no.3422, At-Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir no.8642].

 

Jin atau Setan Akan Pergi Selama Tiga Hari


Dalam Shahih Ibnu Hibban, terdapat keterangan bahwasanya setan akan meninggalkan rumah itu selama 3 hari. Ini berdasarkan hadits dari Sahl bin Sa’d radhiallahu ‘anhu, ia mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
 
“Siapa yang membaca surat Al-Baqarah di malam hari maka setan tidak akan memasuki rumahnya selama tiga hari…” [HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya 780].

Akan tetapi, tambahan keterangan dengan kalimat ‘selama tiga hari’ dalam riwayat tersebut dinilai lemah oleh Al-Albani, sebagaimana keterangan beliau di Silsilah Ad-Dhaifah no. 1349.


Yang Lari Cuma Jin atau Setan Yang Mengganggu Saja


Adapun jin atau setan yang lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya ayat-ayat surah Al-Baqarah adalah setan yang mengganggu secara zahir saja. Sebagaimana keterangan yang dinukil Ibnu Hibban, dari Imam Abu Hatim,
 
“Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ‘setan tidak akan memasuki rumahnya’ maksudnya adalah setan yang membangkang (mengganggu) bukan yang lainnya.” [Shahih Ibnu Hibban, 3:59].


Haruskah Pemilik Rumah Yang Membaca Surah Al-Baqarah?


Dalam sebuah keadaan dimana sang pemilik rumah tidak memiliki kemampuan untuk membaca surah Al-Baqarah yang mungkin disebabkan karena buta huruf atau sebab lainnya, maka muncul sebuah pertanyaan ‘bolehkah jika meminta orang lain untuk membacakan surah Al-Baqarah di dalam rumah kita oleh karena sebab ini dan itu?’.

Tidak mutlak harus sang pemilik rumah yang membacakan ayat-ayat surah Al-Baqarah. Boleh siapa saja yang dianggap fasih dan baik bacaannya.

Hal ini disandarkan pada lafal dalam hadits: “yang dibacakan surat Al-Baqarah” dengan bentuk kalimat pasif. Kalimat tersebut mengandung arti siapapun yang membacanya (Surah Al-Baqarah) di dalam rumah, telah memenuhi syarat sebagaimana kalimat hadits untuk mengusir jin atau setan dari rumah.


Bagaimana Jika Menggunakan MP3 Ayat Pengusir Jin? Bolehkah?


Segala sesuatu perbuatan (ibadah) manusia tergantung dari niatnya. Saat ini sangat mudah sekali untuk mengunduh berbagai mp3 ayat-ayat pengusir jin melalui internet. Namun sebaiknya mengusir jin atau setan dari rumah tidak dilakukan dengan hanya memutar MP3 ayat pengusir jin atau setan, sebab tidak terkandung niat di dalamnya. Kita pun tak bisa mengetahui apa niat dari sang pemilik suara tersebut saat membacakan ayat-ayat pengusir jin atau setan dari rumah, apakah ia telah berniat untuk hal tersebut ataukah mungkin dengan niat komersil lainnya. Wallahu a’lam.

Demikian kajian “Cara Syar’i Mengusir Jin atau Setan Dari Rumah”, semoga bermanfaat dan dapat menambah khazanah pengetahuan kita tentang nama jin atau setan yang menghuni rumah kita dan bagaimana cara mengusir jin atau setan tersebut dari rumah kita. Dan semoga kita semua bisa menghindari upaya mengusir jin atau setan dari rumah kita hanya dengan mengandalkan suara dari MP3 ayat-ayat pengusir jin atau setan dari rumah.


_______
Label : Akhlak, Aqidah, Setan Dasim, Jin Dasim, cara mengusir jin atau setan dari rumah
Deskripsi : Sesungguhnya segala sesuatu perbuatan (ibadah) manusia tergantung dari niatnya. Saat ini sangat mudah sekali untuk mengunduh berbagai mp3 ayat-ayat pengusir jin melalui fasilitas internet. Namun bolehkan mengusir jin atau setan dari rumah dengan MP3 ayat-ayat pengusir jin atau setan dari rumah?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel