Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Doa Mustajab Pembuka 8 Pintu Rezeki

4 Doa Mustajab Pembuka 8 Pintu Rezeki dan Dzikir
ilustrasi : muslim sedang berdoa

4 Doa Mustajab Pembuka 8 Pintu Rezeki


Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh
LANGITALLAH.com 4 Doa Mustajab Pembuka 8 Rezeki
Setiap manusia yang lahir telah ditetapkan rezeki nya masing-masing, dan semua rezeki itu akan disempurnakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala sebelum manusia tersebut diwafatkan. Tak ada satupun makhluk di muka bumi ini yang diciptakan tanpa rezekinya masing-masing, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala di dalam Al-Qur’an Al-Kariim,

“dan tidak ada satupun makhluk yang berjalan di muka bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya.” [QS. Huud : 6]

Manusia tak akan sanggup hidup tanpa pertolongan Allah Ta’ala, dan manusia membutuhkan rezeki dari Allah Ta’ala yang telah dijamin untuknya. Jangan pernah menganggap bahwa rezeki yang telah kita peroleh saat ini adalah hasil dari usaha sendiri. Uang yang banyak, anak keturunan, harta benda, sahabat, udara, kesehatan dan sebagainya adalah karunia dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dan merupakan rezeki yang sangat besar dan tak ternilai. Sebab manusia hanya mampu berusaha namun Allah yang menentukan rezeki kita.

Tapi perlu diingat, memang Allah telah menentukan rezeki kita, namun kita sendiri yang bisa menentukan baik buruknya, halal haramnya kedatangan rezeki kita. Pedagang yang jujur dan pedagang yang curang, sama-sama mendapatkan rezeki dari Allah, namun rezeki itu berbeda proses kedatangannya, ada yang baik dan ada yang buruk, ada yang halal dan ada yang haram.

Sehingga, sebagai seorang muslim, sebaiknya mengutamakan keberkahan atas setiap rezeki yang kita terima. Mengharap keberkahan rezeki berarti kita tidak hanya berharap rezeki tersebut bermanfaat untuk dunia, tetapi terlebih dapat bermanfaat bagi kita di akhirat nanti. Berusahalah mencari rezeki dengan cara yang baik dan serahkan sisanya untuk ditentukan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam doa-doa kita, doa agar kita diberikan rezeki yang halal dan baik (thayyib).

Berusahalah dengan ikhlas, sebab yakinlah bahwa besar kecilnya rezeki yang kita peroleh pasti Allah telah menitipkan hikmah dan kebaikan dibalik itu. Maka bersyukurlah bagi siapa saja yang telah berusaha mencari jalan rezekinya dengan cara-cara yang baik sesuai Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Berdzikir dan mengingat Allah akan sangat membantu kita untuk tetap istiqamah dengan kebaikan dan cara-cara yang baik. Mengingat Allah Ta’ala dapat dilakukan dengan dengan berdoa memperhambakan diri dihadapan-Nya bahwa tak ada daya dan kekuatan kita kecuali (segala yang mampu kita lakukan) adalah atas izin Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka berdoalah memohon keberkahan rezeki kita.


DOA PEMBUKA PINTU-PINTU REZEKI

Ada banyak sekali doa yang diajarkan Allah Ta’ala di dalam Al-Qur’an. Namun doa-doa tersebut hanya akan cepat terkabul jika kita dapat memperhatikan adab-adab sebelum memanjatkan doa-doa kita.

Beberapa adab yang perlu kita perhatikan khusus sebelum memanjatkan doa adalah dengan memperbaiki ibadah kita. Ibadah shalat wajib dan sunnah harus menjadi prioritas utama agar setiap doa-doa yang kita panjatkan dapat segera dijawab oleh Sang Maha Pengabul Doa.

Biasakanlah juga untuk melakukan shalat tahajjud dan shalat witir, sebab Allah Subhanahu wa Ta’ala di waktu sepertiga malam akan turun ke langit dunia untuk menyaksikan hamba-hamba-Nya yang bermunajat dalam ibadahnya sembari mengangkat kedua telapak tangannya mengiba dan berharap disela-sela doanya yang merdu.

Setelah mengerjakan shalat tahajjud, lakukanlah dzikir dan shalawat, kemudian bacalah,

“Allahummaf tahlii abwaabal khoiri, wa abwaaba sholaamati, wa abwaabas shihati, wa abwaaban ni’mati, wa abwaaba barakati, wa abwaabal quwwati, wa abwaabal mawaddathi, wa abwaabar rahmati, wa abwaabar rizqi, wa abwaabal ‘ilmi, wa abwaabal maghfirathi, wa abwaabal jannati, yaa arhamarraahimiin”.

Artinya :
“Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu keselamatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu keberkatan, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu cinta sejati, pintu-pintu kasih sayang, pintu-pintu rezeki, pintu-pintu ilmu, pintu-pintu ampunan dan pintu-pintu surga. Yaa Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.


 

DOA MEMOHON REZEKI YANG HALAL, BERKAH DAN BAIK

Setelah doa di atas, Insya Allah pintu-pintu rezeki akan segera terbuka, maka hendaknya setelah itu memohon agar rezeki itu adalah rezeki yang halal dan berkah.

Untuk memohon rezeki yang halal dan berkah, bacalah doa berikut:

“Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairita’abin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syai in qadiir”.

Artinya :
“Yaa Allah, aku minta pada-Mu diberikan rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.


 

DOA MEMOHON REZEKI YANG BANYAK DAN MELIMPAH

Nabi Sulaiman ‘alaihissalaam adalah nabi yang Allah karuniai kerajaan dan rezeki yang berlimpah yang luar biasa banyak serta tak akan ada satupun manusia yang menyerupai kerajaan itu setelahnya. Semua ini berkat ibadah dan doa Nabi Sulaiman ‘alaihissalaam yang dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

Doa ini tercantum dalam Al-Qur’an, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

“Rabbighfirlii wahablii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii, innaka antal wahhaab”.

Artinya :
“Yaa Rabb, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi”. [QS. Shaad : 35]


 

DOA UNTUK MENARIK REZEKI DARI SEGALA PENJURU

“Wahai Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan (kami) Nabi Muhammad (Shallallahu ‘alaihi wa sallam) sebanyak aneka rupa rezeki. Wahai Dzat yang Maha Meluaskan rezeki kepada orang yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. Luaskanlah dan banyakkanlah rezekiku dari segenap setiap penjuru dari perbendaharaan rezeki-Mu tanpa pemberian dari makhluk, berkat kemurahan-Mu juga. Dan limpahkanlah pula rahmat dan salam atas dan para sahabat beliau (Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam)”


MEMPERBANYAK ISTIGHFAR

Selain memanjatkan doa-doa di atas, akan sangat baik jika dilengkapi dengan memperbanyak beristighfar, sebab istighfar memiliki banyak keutamaan yang salah satunya akan melancarkan rezeki kita. (baca juga : 6 Keutamaan Istighfar Yang Wajib Kita Ketahui)

 

SHALAT DHUHA 4 RAKAAT

Dalam sebuah hadits qudsi menyebutkan bahwa shalat dhuha 4 rakaat di pagi hari, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menjamin dan mencukupi segala kebutuhannya pada hari itu dengan limpahan barakah sepanjang hari itu juga :

“Hai anak Adam, tunaikanlah kewajibanmu untuk-KU, yaitu sembahyang empat rakaat pada pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi sepanjang harimu.” [HR. Imam Ahmad, Abu Ya’la].

Dalam hadits qudsi tersebut di atas, jelas bahwa jika kita menginginkan segala kebutuhan kita tercukupi pada hari itu juga, maka sebaiknya jangan meninggalkan 4 rakaat shalat dhuha. (baca juga : Shalat Dhuha Sebagai Pembuka Rezeki TERNYATA Juga Sebagai PENGGANTI SEDEKAH)


8 PINTU REZEKI DARI ALLAH TA’ALA

Paling tidak ada 8 pintu rezeki yang tentunya sangat kita harapkan terdapat banyak keberkahan di dalamnya. Pintu-pintu rezeki yang dimaksud adalah :

 

Rezeki yang dijamin

“Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin (oleh) Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semuanya (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz)”. [QS. Huud : 6]

 

Rezeki oleh sebab usaha

“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya”. [QS. An Najm : 39]

 

Rezeki karena bersyukur

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,
“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat berat’”. [ QS. Ibrahim : 7]

 

Rezeki yang tak terduga

“… Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya”. [QS. At-Thalaq : 2]

 

Rezeki karena istighfar

“maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu’”. [QS. Nuuh : 10-11]

 

Rezeki karena menikah

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui”. [QS. An-Nuur : 32]

 

Rezeki karena Anak

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar”. [QS. Al-Isra’ : 31]

 

Rezeki karena sedekah

“Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan”. [QS. Al-Baqarah : 245]

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membukakan 8 pintu rezeki bagi kita, sehingga dapat semakin meningkatkan kualitas ibadah kita dan senantiasa dapat bersyukur atas segala nikmat rezeki yang telah diberikan kepada kita semua. Demikian, artikel “4 Doa Mustajab Pembuka 8 Pintu Rezeki”, semoga dapat bermanfaat bagi siapa saja, dan bagi yang menyampaikan pengetahuan ini kepada muslim lainnya, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala merahmatinya dan memberikan pahala amal Jariyyah di sisinya sebagai bekal investasinya nanti di akhirat kelak. Aamiin.

Wallahu a’lam bishshawab

____________
Label : Doa, Dzikir, Rezeki

Deskripsi : 4 Doa Mustajab Pembuka 8 Pintu Rezeki ini dilengkapi dengan dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits, sehingga dapat mudah difahami dan diamalkan.