4 Golongan Laki-laki Yang Ditarik Wanita Ke Neraka. ASTAGHFIRULLAH

4 Golongan Laki-laki Yang Ditarik Wanita Ke Neraka
gambar ilustrasi "4 golongan laki-laki yang ditarik wanita ke dalam neraka" by https://www.langitallah.com
 

4 Golongan Laki-laki Yang Ditarik Wanita Ke Neraka. ASTAGHFIRULLAH


Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

LANGITALLAH.com [4 Golongan Laki-laki Yang Ditarik Wanita Ke Neraka] Pembahasan tentang hari kiamat, syurga dan neraka merupakan perkara yang sangat penting diketahui oleh setiap muslim. Keadaan manusia di akhirat kelak sangat bergantung terhadap apa yang telah diusahakannya delam ia hidup di muka bumi ini. Ada banyak sekali ayat-ayat perintah yang disandingkan dengan ancaman agar manusia mau menyadari akan hakikat penciptaannya sebagai manusia yang wajib menyembah dan beribadah hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." [QS. At-Tahrim : 6]

Dalam ayat yang mulia di atas, menyebutkan bahwa adanya perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menjaga diri dan keluarga dari api neraka.
Dalam tafsir Jalalayn, disebutkan maksud dari tafsir ayat di atas adalah : (Hai orang-orang yang beriman! Peliharalah diri kalian dan keluarga kalian) dengan mengarahkan mereka kepada jalan ketaatan kepada Allah (dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia) orang-orang kafir (dan batu) seperti berhala-berhala yang mereka sembah adalah sebagian dari bahan bakar neraka itu. Atau dengan kata lain api neraka itu sangat panas, sehingga hal-hal tersebut dapat terbakar. Berbeda halnya dengan api di dunia, karena api di dunia dinyalakan dengan kayu dan lain-lainnya (penjaganya malaikat-malaikat) yakni, juru kunci neraka itu adalah malaikat-malaikat yang jumlahnya ada sembilan belas malaikat, sebagaimana yang akan diterangkan nanti dalam surat Al-Muddatstsir (yang kasar) lafal ghilaazhun ini diambil dari asal kata ghilazhul qalbi, yakni kasar hatinya (yang keras) sangat keras hantamannya (mereka tidak pernah mendurhakai Allah terhadap apa yang telah diperintahkan-Nya kepada mereka) lafal maa amarahum berkedudukan sebagai badal dari lafal Allah. Atau dengan kata lain, malaikat-malaikat penjaga neraka itu tidak pernah mendurhakai perintah Allah (dan mereka selalu mengerjakan apa yang diperintahkan) lafaz ayat ini berkedudukan menjadi badal dari lafal yang sebelumnya. Dalam ayat ini terkandung ancaman bagi orang-orang mukmin supaya jangan murtad; dan juga ayat ini merupakan ancaman pula bagi orang-orang munafik yaitu, mereka yang mengaku beriman dengan lisannya tetapi hati mereka masih tetap kafir.

4 Golongan Laki-laki Yang Ditarik Wanita Ke Neraka


Hari Kiamat adalah sebuah kepastian. Bagi setiap muslim wajib mengimani akan adanya hari kiamat. Hari kiamat merupakan hari pembalasan segala amal perbuatan manusia selama ia hidup di muka bumi ini. Jika seseorang berat timbangan amal baiknya, maka ia akan menjadi orang yang beruntung di akhirat kelak dan akan dimasukkan ke dalam syurga. Sebaliknya jika seorang manusia memiliki amal perbuatan buruk yang lebih berat dari amal baiknya, maka ia akan dilemparkan ke dalam api neraka dengan siksaan yang amat pedih.

Orang yang beruntung di akhirat nanti adalah orang yang selama hidup di dunia ini sibuk mempersiapkan diri dengan bekal yang akan dibawanya nanti ke akhirat, saat di mana tak ada dinar dan jual beli. Barang siapa yang berbuat amal shaleh, maka ganjarannya adalah syurga. Namun ternyata tak semua orang bisa masuk ke dalam syurga, meskipun ia adalah sorang mukmin yang taat beribadah selama hidupnya.

Ada 4 golongan laki-laki di akhirat nanti yang akan ditarik oleh wanita ke dalam neraka, meski sepanjang hidupnya ia terkenal sebagai seorang yang ahli dalam ibadah, namun mengabaikan perihal yang ia anggap sepele tapi akan menghentikan langkahnya menuju syurga. Siapakah 4 golongan laki-laki yang ditarik wanita ke neraka sebagaimana dimaksud?. Berikut akan kita ulas ke 4 golongan laki-laki itu.

Inilah 4 Golongan Laki-laki Yang Ditarik Wanita Ke Neraka

Laki-laki yang dimaksud adalah laki-laki yang tidak memberikan hak kepada wanita dan tidak menjaga amanah yang diberikan kepadanya. Berikut 4 Golongan Laki-laki Yang Ditarik Wanita Ke Neraka :

1. Ayah
Seorang ayah wajib memperhatikan anak-anaknya, utamanya anak perempuannya. Jika seorang ayah tidak mempedulikan akhlak anak perempuannya, ia tidak memberikan segala perkara kebutuhan agama anaknya, seperti tidak mengajarkan perintah shalat dan tata cara shalat yang benar sesuai sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, tidak mengajarkan Al-Qur’an, tidak memerintahkan dan mengajarkannya menutupi auratnya, tidak mencontohkan shaum (puasa) pada anaknya, dan pengetahuan agama lainnya. Ia hanya fokus memberi anak wanitanya segala kebutuhan dunianya saja.

Jika laki-laki yang berjuluk ayah semacam tersebut di atas, jika ia lalai dalam amanah tersebut, maka bersiap-siaplah untuk ditarik ke dalam neraka oleh oleh anak wanitanya.

2. Suami
Suami adalah imam bagi isterinya. Sudah seharusnya ia memperhatikan akhlak isterinya dengan baik seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya. Seorang suami wajib menjaga isterinya dari bergaul bebas termasuk bergaul di dunia maya (internet dan sosial media). Seorang suami juga harus mencegah isterinya berhias untuk laki-laki lain yang bukan mahramnya. Ia juga wajib mengajarkan ilmu pengetahuan agama yang baik bagi isterinya agar ia bisa senantiasa menjadi isteri shalehah yang taat pada suami.

Namun jika seorang suami tidak pernah memperdulikan perilaku isterinya, mala membiarkannya bergaul secara bebas dan berhias untuk laki-laki yang bukan mahramnya. Maka meskipun suami itu adalah seorang yang hali ibadah, maka di akhirat nanti dia akan ditarik oleh isterinya agar bersama-sama dengannya masuk ke dalam neraka.

3. Saudara Laki-laki
Dalam ajaran islam, jika seorang ayah dalam sebuah keluarga telah meningal dunia, maka tanggungjawab untuk menjaga kehormatan wanita (dalam keluarga itu) jatuh pada saudara laki-lakinya atau saudara laki-laki ayahnya. Jika mereka (saudara laki-lakinya atau saudara laki-laki ayahnya) hanya mementingkan keluarganya saja, namun adik atau keponakannya dibiarkan lalai dan melakukan kemaksiatan, maka tunggulah tarikan adik wanita atau keponakan wanitanya di akhirat nanti sehingga membuatnya juga terjerumus ke dalam siksaan api neraka, meski saudara laki-laki yang dimaksud semasa hidupnya adalah seorang yang taat dan seorang ahli ibadah.

4. Anak Laki-laki
Siapa bilang anak laki-laki tidak memiliki tanggung jawab kepada ibunya selain wajibnya berbuat baik kepadanya. Jika seorang anak laki-laki tidak pernah berupaya menasehati Ibunya sedangkan ia mengetahui dosa kemaksiatan yang ibunya lakukan, maka anak laki-laki ini juga akan ditarik oleh ibunya ke dalam neraka.

Betapa dahsyatnya fitnah wanita. Fitnah wanita tidak hanya menyulitkan laki-laki di dunia saja, namun akan lebih dahsyat akibatnya nanti di akhirat. Sehingga, seorang laki-laki yang bergelar ayah, suami, saudara laki-laki dan juga  anak laki-laki wajib menunaikan amanah dengan baik agar ia terhindar dari tarikan anak wanitanya, isterinya, saudara wanitanya, atau ibunya untuk ikut masuk ke dalam siksa yang amat pedih dalam neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan batu.

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." [QS. At-Tahrim : 6]

Wallahu a’lam bishshawab

Demikian artikel tentang “4 Golongan Laki-laki Yang Ditarik Wanita Ke Neraka”, semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca, dan bagi mereka yang mau menyampaikan pengetahuan ini kepada muslim yang lain semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala merahmatinya dan memberikan pahala amal Jariyyah di sisinya sebagai bekal investasinya nanti di akhirat kelak. Aamiin.


Referensi : Surah At-Tahrim ayat 6, dan Islamidia.com

Label : Keluarga, Wanita, Akhlak, Laki-laki Yang Ditarik Wanita Ke Neraka

Deskripsi : Ada 4 golongan laki-laki di akhirat nanti yang akan ditarik oleh wanita ke dalam neraka, meski sepanjang hidupnya ia adalah seorang yang ahli ibadah, namun perbuatannya akan menghentikan langkahnya menuju syurga. Siapakah 4 golongan laki-laki yang ditarik wanita ke neraka sebagaimana dimaksud?. Berikut akan kita ulas ke 4 golongan laki-laki itu

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel