IBADAH QURBAN DAN KEUTAMAANNYA

ibadah qurban dan keutamaannya, hadits, al qur'an, www.langitallah.com

IBADAH QURBAN DAN KEUTAMAANNYA

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Langitallah.com - Segala Puji hanya milik Allah Subhanahu wa Ta'ala, tak lama lagi kita (umat muslim di seluruh penjuru dunia) akan memasuki bulan Dzulhijjah. Salah satu bulan suci bagi umat islam untuk melaksanakan ibadah haji dan ibadah qurban yang tak pernah terputus setiap tahunnya.

Subhanallah, di bulan Dzulhijjah ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala mensyari’atkan kepada seluruh hambaNYA yang beriman untuk melaksanakan salah satu ibadah yang agung dan mulia, yaitu Ibadah Haji dan juga Ibadah Qurban.

Mengapa Allah Ta'ala memerintahkan kita -yang memiliki kemampuan finansial- untuk melaksanakan qurban? Kita akan mengupas sedikit poin-poin penting tentang ibadah qurban dan keutamaannya sehingga dengan ini kita akan lebih memahami akan pentingnya keutamaan ibadah qurban ini dilaksanakan.

Semoga Alloh Ta'ala memudahkan kita dalam memahami ilmu agama islam ini lebih mendalam agar dapat meningkatkan iman dan taqwa kita dihadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Apakah yang dimaksud dengan Ibadah Qurban ?


Ibadah Qurban yang dimaksudkan di sini adalah sebuah ibadah yang disyari'atkan melakukan penyembelihan hewan-hewan qurban yang telah ditentukan jenisnya serta waktu penyembelihannya dan dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Hewan Apa Saja Yang Dibolehkan Untuk Ber-Qurban?

ibadah qurban dan keutamaannya, hadits, al qur'an, unta, www.langitallah.com
gambar ilustrasi unta - ibadah qurban dan keutamaannya - www.langitallah.com

Berdasarkan dalil yang bersumber dari Al Qur'an Al Kariim, bahwa hewan-hewan yang telah ditentukan jenisnya untuk pelaksanaan ibadah qurban tersebut yaitu hewan Onta, Sapi dan juga Kambing, dengan berbagai jenis tentunya. [lihat dalilnya, pada QS Al-Maaidah : 1, dan Al-Hajj : 28].

Kapan Waktu Pelaksanan Qurban Sesuai Syari'at ?

Seperti ibadah spesifik yang lain seperti Sholat fardhu dan puasa Ramadhan, ibadah qurban pun tidak boleh sembarangan dalam memilih waktu pelaksanaan. Dari berbagai rujukan hadits serta sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa waktu pelaksanaan ibadah qurban telah ditentukan pada Hari Nahr dan Hari Tasyriq.

Apa itu Hari Nahr dan Hari Tasyriq ?

Hari Nahr yaitu hari saat Hari Raya Idul Adha, yang bertepatan pada tanggal 10 Dzulhijjah, yakni setelah pelaksanaan shalat Idul Adha.
Sedangkan Hari Tasyriq telah ditentukan pada hari setelah hari Nahr hingga hari ketiga setelahnya yaitu pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah).

ibadah qurban dan keutamaannya, hadits, al qur'an, kambing, www.langitallah.com
gambar ilustrasi kambing - ibadah qurban dan keutamaannya - www.langitallah.com

 Dan Apa Keutamaan Ibadah Qurban itu ?

Setiap ibadah khusus tentunya memiliki keutamaan-keutamaan besar yang tidak akan diperoleh selain dari mengerjakan hal yang serupa dengannya. Sedangkan keutamaan yang terbesar yang d8maksud di sini adalah dalam rangka melaksanakan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dan untuk mendekatkan diri kita kepada-NYA.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman d8 dalam Al Qur'an Al Kariim :

قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

لَا شَرِيكَ لَهُ ۖ وَبِذَٰلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ

“Katakanlah : sesungguhnya shalatku, sembelihan qurbanku (ibadahku), hidupku dan matiku, hanyalah untuk Allah, Rabb seluruh alam semesta. Tiada sekutu bagi-Nya. Dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku, dan aku adalah orang yang pertama-tama berserah diri (kepada Allah)." [QS Al-An’am : 162-163]


Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman pada surah Al Kautsar :

(1). إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ
(2). فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
(3). إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu (wahai Muhammad) nikmat yang sangat banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabb-mu, dan berqurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu, dialah yang terputus.” [QS Al-Kautsar : 1-3]

Dan keutamaan lain dari ibadah qurban ini adalah kita menunaikan ibadah qurban itu adalah untuk meneladani dan mencontoh amalan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang tentu saja juga menunaikan ibadah qurban ini, karena melaksanakan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dalam sebuah hadits Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu telah dijelaskan :

“Bahwasannya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berqurban dengan dua ekor kambing kibas yang bertanduk. Beliau menyebut nama Allah (ketika menyembelihnya) dan bertakbir. Beliau letakkan kaki beliau di sisi tubuh kedua sembelihan tersebut (ketika menyembelihnya).” [HR Imam Al-Bukhori no. 5565 dan Imam Muslim no. 1966]

Juga telah disebutkan dalam riwayat yang lainnya :

"Beliau (Rasulullah) menyembelih kedua sembelihannya itu dengan kedua tangan beliau sendiri..”

Serta disebutkan dalam riwayat Imam Muslim :

“Beliau (Rasulullah) mengucapkan doa (ketika menyembelihnya) : “BISMILLAHI, ALLAHU AKBAR.” [HR Imam Muslim no. 1966]

ibadah qurban dan keutamaannya, hadits, al qur'an, sapi, www.langitallah.com
gambar ilustrasi sapi - ibadah qurban dan keutamaannya - www.langitallah.com

Dalil-dalil tersebut menunjukkan, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri menunaikan ibadah qurban. Jika Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam saja mencontohkannya, maka sangat pantaslah bagi kita umat muslim yang berkecukupan untuk juga mengikuti sunnah Nabi ini. Jika kita juga melaksanakan ibadah qurban, berarti kita mencontoh perbuatan perbuatan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana para sahabat dan para tabi'in berlomba-lomba dalam mengikuti beliau Shallallahu 'alaihi wasallam saking cintanya mereka padanya.

Dan siapakah ummat muslim yang tidak mengharapkan syurganya bersama Nabi kelak di akhirat nanti? Sungguh sebuah kemuliaan bagi mereka yang terpilih sebagai hamba Allah yang ditempatkan di syurga bersama baginda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.

Bukankah sebelum beliau wafat, beliau telah mewariskan Al Qur'an dan As Sunnah kepada kita semua ummatnya?. Jika warisan orang tua kita saja kita perebutkan mati-matian, maka mengapa tidak kita perjuangkan mengambil bagian dari apa yang telah Rasulullah wariskan?

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan kita dalam menunaikan ibadah ini setiap tahunnya, serta merahmati segala usaha ibadah kita untuk senantiasa berupaya menjadi hambaNYA yang bertaqwa.

Wallahu waliyyut taufiq wal hidayah

Referensi : Naskah digital Abu Abdirrohman Yoyok

____________________

Sahabat, jika anda seorang yang sedang mendalami ilmu agama dan hendak melakukan percepatan memperoleh ganjaran pahala yang banyak di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada keluarga dan sahabat kita sejak saat ini. Semoga Allah menjadikan usaha kita ini sebagai ladang yang terus mengalirkan pahala bagi kita sebab ilmu yang bermanfaat. Ketahuilah, tak ada manusia yang tak memiliki dosa, dan kita butuh amalan yang mampu menghapus lautan dosa yang telah kita perbuat selama hidup kita ini. Namun Allah Yang Maha Pengampun telah memberikan jalan ampunan dan keridhaan-Nya bagi hamba-Nya yang gemar memohon ampun kepada-Nya.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Demi jiwaku yang ada di tangan-Nya, jika kamu tidak pernah berbuat dosa, maka Allah akan mematikan kamu dan menggantikannya dengan suatu kaum yang berbuat dosa kemudian mereka meminta ampun kepada-Nya, kemudian Allah akan mengampuni mereka" [HR. Muslim no. 2749].

Dalam sebuah hadits juga disebutkan :
“Menuntut ilmu agama merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan”. [HR. Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani]. [Tim Reaksi LangitAllah.com]

_______________
Label : Tauhid, Qurban, ibadah kurban dan keutamaannya

Deskripsi : Banyak umat muslim yang mengabaikan ber-qurban sebab belum mengetahui keutamaan besar di balik pelaksanaan ibadah qurban ini. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memerintahkan kepada orang-orang yang bertaqwa agar melaksanakan qurban, salah satunya dapat di lihat pada surah Al Kautsar ayat 1-3

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel