3 Orang Pembawa Berkah Saat Anda Susah

3 Orang Pembawa Berkah Saat Anda Susah - langitallah.com
ilustrasi gambar : ibu yang sedang susah (3 Orang Pembawa Berkah Saat Anda Susah - langitallah.com)

3 Orang Pembawa Berkah Saat Anda Susah


Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

LangitAllah.com - Setiap manusia tentunya mengharapkan hidupnya dipenuhi dengan keberkahan. kata berkah sudah sangat akrab sekali di telinga kita, meski masih ada di antara kita yang belum paham betul makna hidup berkah yang sebenarnya.

Sebelum kita membahas siapa 3 orang pembawa berkah saat kita susah, dan bagaimana keberkahan itu bisa hadir kehadapan kita serta syarat apa yang harus dipenuhi untuk mencapai keberkahan seperti ini, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa sih yang dimaksud berkah atau barakah.

Secara bahasa, kata berkah berasal dari bahasa arab, yaitu barakah. barakah yang artinya nikmat. Yang dalam istilah lain berkah juga berarti mubarak, dan tabarruk artinya nikmat.

Menurut Imam Al-Ghazali, berkah atau barakah berarti "bertambahnya kebaikan". Sementara para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah - berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak keturunan, serta juga usia.

Dalam Al Qur'an, kata berkah atau barakah hadir dalam beberapa makna, di antaranya kelanggengan kebaikan, banyak dan bertambahnya kebaikan. Sedangkan Al Qur'an sendiri merupakan berkah bagi manusia sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam surah As Shaad ayat 29,

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

"Ini (Al Qur'an) adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu, penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya orang-orang yang mempunyai fikiran mendapat pelajaran". [QS. Shaad : 29]

Sementara kata berkah atau barakah dalam arti yang luas menyangkut masyarakat atau suatu kaum bermakna sebagai sebuah kebaikan, keselamatan, dan kesejahteraan bagi seluruh kaum dalam suatu wilayah tertentu. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al Qur'an surah Al A'raaf ayat 96,

 وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.". [QS. AL A'raaf : 96]

Dari kedua ayat tersebut di atas, setidaknya kita sudah dapat memahami bahwa Al Qur’an adalah sumber keberkahan bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala baginya. Artinya bahwa syarat untuk memperoleh keberkahan dalam hidup ini adalah kita wajib menjadi manusia yang beriman yang sekaligus juga bertakwa.

Sedangkan, dalam keadaan susah atau sedang menghadapi kesulitan terkadang terbesit di dalam hati kita bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak adil dan dengan buruk sangka yang lainnya terhadapNYA. Astaghfirullah al’adzim. Padahal Allah tidak akan memberikan ujian kepada hambaNYA melainkan dengan kadar yang sanggup ia lalui.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan janji bahwa di balik kesulitan pasti ada jalan keluar yang begitu dekat. Sebagaimana Allah berfirman di dalam surah Al Insyirah,

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”. [QS. Al Insyirah : 5-6]

Dan kenyataannya keberkahan itu bisa datangnya dari sebab perilaku orang lain terhadap kita. Hebatnya lagi, keberkahan yang 3 orang ini bawakan kehadapan kita itu terjadi seketika saat kita mengalami kesusahan hidup. Mengapa demikian dan bagaimana ini bisa terjadi?. Nah, coba kita simak penjelasan singkat berikut ini.

Bahwa ada 3 golongan orang pembawa berkah saat anda susah yang mungkin saja anda tidak ketahui selama ini. Siapakah orang tersebut?

1.    Orang Yang Menyebabkan Kita Jadi Susah
2.    Orang Yang Meninggalkan Kita Ketika Susah
3.    Orang Yang Membantu Kita Ketika Susah


Lalu mengapa ke tiga orang ini bisa menyebabkan keberkahan bagi kita? Itu dikarenakan ke tiga orang ini secara tidak langsung selain telah membantu melatih potensi kesabaran kita, juga telah membuat kita semakin dewasa, bijaksana, mukhlish (ikhlas) serta mampu menjadi hamba Allah yang tidak mudah berputus asa, sepanjang semua itu dilakukan semata-mata hanya mengharap ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Wallahu a’lam bishshawab.
Referensi : AL Qur’an, serta berbagai sumber
-----------------------------------------
Sahabat, jika anda seorang yang sedang mendalami ilmu agama dan hendak melakukan percepatan memperoleh ganjaran pahala yang banyak di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada keluarga dan sahabat kita sejak saat ini. Semoga Allah menjadikan usaha kita ini sebagai ladang yang terus mengalirkan pahala bagi kita sebab ilmu yang bermanfaat. Ketahuilah, tak ada manusia yang tak memiliki dosa, dan kita butuh amalan yang mampu menghapus lautan dosa yang telah kita perbuat selama hidup kita ini. Namun Allah Yang Maha Pengampun telah memberikan jalan ampunan dan keridhaan-Nya bagi hamba-Nya yang gemar memohon ampun kepada-Nya.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Demi jiwaku yang ada di tangan-Nya, jika kamu tidak pernah berbuat dosa, maka Allah akan mematikan kamu dan menggantikannya dengan suatu kaum yang berbuat dosa kemudian mereka meminta ampun kepada-Nya, kemudian Allah akan mengampuni mereka" [HR. Muslim no. 2749].

Dalam sebuah hadits yang disebutkan :

“Menuntut ilmu agama merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan”. [HR. Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani]. [Tim Reaksi LangitAllah.com]


Label : Berkah, barakah, akhlak, sabar

Deskripsi : Terkadang kita masih sering mengeluhkan keadaan kesulitan yang kita alami, padahal Allah SWT telah berjanji bahwa di balik kesulitan pasti ada jalan keluar yang begitu dekat, sebagaimana firmanNYA dalam surah Alam Nasyrah ayat 5-6. Berikut ini 3 orang pembawa berkah saat anda susah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel