Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Terbaik Memilih Hijab bagi Muslimah Pemula


4 Tips Terbaik Memilih Hijab bagi Muslimah Pemula ( langitallah.com ) Muslimah, hijab, jilbab
4 Tips Terbaik Memilih Hijab bagi Muslimah Pemula ( ilustrasi oleh langitallah.com )

4 Tips Terbaik Memilih Hijab bagi Muslimah Pemula


Assalamu 'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh
LangitAllah.com - Ada banyak sekali ayat di dalam Al-Qur'an yang diperjelas dengan berbagai hadits dan diriwayatkan dari para sahabat terbaik Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang memerintahkan para wanita muslimah untuk menutup auratnya dengan hijab. Berhijab sangat dianjurkan bagi kaum wanita muslimah oleh karena para wanita merupakan salah satu 'senjata' syaitan atau salah satu jalan bagi syaitan untuk membisikkan hasutan dan menggoda serta menjerumuskan manusia ke dalam lembah kenistaan, kebinasaan, dan penyesalan. Senjata yang dimaksud disini, bukan berarti kaum hawa (para wanita) memang diciptakan hanya untuk menjadi senjata syaitan. Namun disebabkan oleh kecenderungan nafsu syahwat para lelaki yang sangat mudah tergoda dengan keindahan tubuh kaum wanita, sehingga potensi terjadinya perbuatan zina sangat rentan terjadi apabila tubuh indah para wanita ini tidak ditutupi oleh kain hijab yang dapat menghalangi pandangan para lelaki serta mencegah bangkitnya nafsu syahwat. Itulah sebabnya sehingga kaum wanita diperintahkan untuk menutup auratnya dengan kain hijab yang sering kita sebut jilbab serta menjaga kemaluannya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman di dalam Al-Qur'an,

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat." [QS. Al A'raaf : 26]

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, segala amal ibadah dicatat dan dilipat gandakan pahalanya berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan bulan - bulan lainnya di luar bulan Ramadhan itu. Namun tentunya untuk meraih keberkahan bulan Ramadhan dengan segala kemuliaannya, seorang muslim dan muslimah harusnya telah mempersiapkan bekalnya dalam menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah tersebut. Bagi kaum wanita, oleh karena hijab telah diwajibkan baginya, maka tentunya segala amalannya bergantung pada seberapa konsisten ia menunjukkan kesungguhannya dalam menjalankan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Betapa ruginya amalan yang kita lakukan sepanjang bulan suci Ramadhan jika ternyata pada akhirnya segala ibadah dan amalan baik kita tertolak di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Bulan suci Ramadhan merupakan momentum yang sangat tepat untuk memulai membiasakan diri menutupi aurat (baik laki-laki dan khususnya bagi kaum muslimah) serta segala jenis amalan kebaikan baru yang sebelumnya belum mampu kita kerjakan.

Meski tidak sedikit yang masih ragu - ragu, merasa minder, merasa aneh dan merasa malu terkesan sangat religius, tapi sebenarnya banyak di antara wanita muslimah yang belum mengenakan hijab namun pada dasarnya mereka sangat menginginkan untuk berhijab. Hanya saja mereka terkendala dengan sulitnya menghadapi serbuan hujan komentar dari sahabat, rekan, dan orang - orang di sekitarnya yang umumnya senang mengolok - oloknya dengan berbagai ragam kalimat yang melemahkan semangat juang para wanita muslimah tersebut untuk istiqamah dalam berhijab.

"Cieee...pagi bu ustadzah... Assalamu'alaikum..."

"Deuhhh...yang dah berhijrah...sekarang berhijab yaaa...gak gerah apa bu ustadzaaaahhh..."

"ehmm...hmmmm...perasaan lebaran masih jauh yaaa..."
Nah kira - kira kalimat di atas sebagian telah mewakili dari sederet komentar dari para sahabat, teman, dan orang - orang di sekeliling wanita yang baru memulai berhijab. Sehingga bagi yang masih merasa terkendala dengan bagaimana memulai behijab, jangan khawatir, manfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk memulai menunjukkan keseriusan kita bahwa kita benar-benar cinta kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan menjalankan perintahnya, agar kelak kita tidak menjadi wanita yang berada dalam penyesalan besar. Sebab pada bulan Ramadhan ini bisa dikatakan relatif hampir tidak akan ada komentar serta gangguan untuk memulai hijab anda.

Sahabat muslimah, bagi kalian yang memang telah memiliki niat untuk memulai hijab, sebaiknya jangan ditunda - tunda lagi. Mulailah sesegera mungkin, sebab tak ada seorang pun di muka bumi ini yang mengetahui secara pasti kapan ajal akan menjemput kita. Coba bayangkan, apa kira – kira yang akan kita katakan di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala sementara kita mati dalam keadaan belum mengenakan hijab. Na’udzubillahi minzalik.

Sahabat, perhatikanlah di sekeliling kita, saat ini nyaris tak ada kendala lagi untuk menentukan jenis hijab yang seperti apa yang akan kita kenakan. Bebagai jenis model hijab syar’i telah banyak di pasaran kita hanya datang dan memilih model apa yang kita sukai. Dulu, mungkin ada wanita yang ingin berhijab ia tidak siap dengan hijab lebar dan syar’i. Di masa kini, banyak sekali pilihan hijab dengan berbagai model yang bisa disesuaikan dengan kesiapan hati. Dan perlu kita perhatikan bahwa idealnya memang hijab itu sebaiknya lebar hingga menutup dada kita, namun bagi yang belum siap, masih lebih baik ia memakai hijab pilihannya dari pada membiarkan rambutnya terbuka serta memperlihatkan lekuk tubuhnya di hadapan para lelaki yang bukan muhrimnya.

Untuk mendapatkan berbagai model hijab pun, sekarang sangat mudah. Bahkan, bagi para muslimah yang tidak ingin konsentrasi ibadahnya terganggu dengan antri di toko konvensional, kini para muslimah bisa membeli hijab dengan hanya di rumah. Ya, melalui belanja online. Misalnya di Lazada atau di toko online yang lain yang telah memperoleh predikat terpercaya dari para konsumernya.

Bagaimana memilih hijab yang simpel? Berdasarkan beberapa referensi berikut ini 4 Tips Terbaik Memilih Hijab bagi Muslimah Pemula :


1. Hijab wajib menutup aurat dan tidak transparan

Prioritas pertama dalam memilih dan menentukan jenis hijab adalah berdasarkan fungsinya, yaitu hijab dapat menutupi aurat kita, khususnya rambut dan leher untuk jibab. Serta untuk baju dan rok, sebaiknya yang panjang dan longgar hingga ke pergelangan tangan dan kaki. Namun jika belum mantap dengan jilbab lebar, jilbab apapun yang akan dipilih, pastikan ia menutup aurat dan tidak transparan serta tidak menampakkan bentuk tubuh kita.

2. Pilihlah hijab yang sesuai dengan bentuk wajah

Bentuk wajah manusia sangat bervariasi. Jika wajah kita oval, hampir seluruh model hijab cocok buat kita. Namun jika wajah kita berbentuk panjang atau lonjong, jilbab dengan undercaps (ciput di dalaman) hingga dahi lebih cocok sebab akan membuat wajah kita terlihat lebih padat.

Bagi yang memiliki wajah persegi atau kotak (terkesan kotak), model jilbab dengan rounded shape atau bulat lebih cocok bagi kalian. Sebab dengan bentuk hijab atau jilbab ini maka wajah bisa terbingkai dan membentuk kesan oval. Sedangkan wajah dengan dahi lebar, hijab memakai inner yang menutupi bagian luar sisi kanan dan kiri jidat paling cocok buat kalian.

3. Pilihlah warna hijab (jilbab) yang sesuai dengan warna kulit

Jika kulit kalian putih, maka hampir semua warna jilbab cocok buat kalian. Meskipun demikian, lebih baik menghindari warna putih agar tidak terkesan pucat. Untuk wanita muslimah dengan warna kulit kuning langsat, sepertinya juga banyak warna yang cocok. Tapi ingat ya, perlu dihindari warna - warna bernuansa keemasan seperti orange, cokat dan karamel.

Dan apabila wajah kalian berwarna sawo matang, warna yang lebih cocok adalah warna gelap terutama hijab (jilbab) yang berwarna biru tua, maroon, ungu serta juga hitam.

Sedangkan untuk para muslimah yang memiliki wajah berwarna gelap, hijab dengan warna lembut dan netral akan membuat wajah kalian terlihat lebih cerah.

4. Pilihlah kain hijab (jilbab) dari bahan yang tepat

Dalam aktifitas serta acara-acara santai, kalian bisa memilih hijab dari katun atau model kaos. Jenis kain ini mudah menyerap keringat dan relatif terasa dingin. Begitu pula dengan Jersey. Hijab dari bahan bahan sifon bersifat ringan, tipis dan mengembang. Cocok bagi kalian yang suka menata kain. Namun karena tipis, Anda perlu mempertimbangkan memakai dalaman kerudung untuk memastikan hijab kalian dapat menutupi kepala dan rambut dengan baik.

Untuk hijab dari bahan viscose cocok untuk jilbab besar dan tebal, karena jenis kain ini tidak mudah pengap. Sedangkan Anda yang ingin hijab ‘mewah’, hijab dari satin adalah pilihan yang cocok. Sedangkan untuk cuaca dingin, kain rajut bisa menjadi alternatif pilihan kalian.

Nah, itulah 4 Tips Terbaik Memilih Hijab bagi Muslimah Pemula. Mulailah untuk menata bekal kehidupan akhirat kita dengan melaksanakan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengikuti sunnah dari manusia terbaik Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sahabat muslimah, jangan ragu memulai sebuah kebaikan hanya karena kita terlanjur banyak berbuat dosa. Sebab tak ada manusia yang tak memiliki dosa, dan itulah salah satu fitrah manusia. Namun Allah Yang Maha Pengampun telah memberikan jalan ampunan dan keridhaan-Nya bagi hamba-Nya yang gemar memohon ampun kepada-Nya. Semoga dengan amalan dzikir istighfar kita, dapat mengantarkan kita menuju pribadi yang lebih baik, lebih taat atas perintah Allah serta dimudahkan untuk senantiasa menjauhi segala larangan-Nya. Kita pun senantiasa tanpa lelah mengharap ampunan atas segala kesalahan dan dosa yang telah kita perbuat semasa hidup kita, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala meridhai kita melalui amalan, lisan dan hati kita.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Demi jiwaku yang ada di tangan-Nya, jika kamu tidak pernah berbuat dosa, maka Allah akan mematikan kamu dan menggantikannya dengan suatu kaum yang berbuat dosa kemudian mereka meminta ampun kepada-Nya, kemudian Allah akan mengampuni mereka" [HR. Muslim no. 2749].
Wallahu a’lam bishshawab. [Tim Reaksi LangitAllah.com]

Label : Muslimah, hijab, jilbab, 4 Tips Terbaik Memilih Hijab bagi Muslimah Pemula