Inilah Tafsir Mimpi Suami Melihat Gelas Pecah

Assa lamu ‘alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh...

Sahabat LangitAllah.com, berbicara soal mimpi memang tak ada habisnya. Mimpi kadang membuat sebagian orang termotivasi dalam kehidupan nyata, namun tak jarang mimpi dapat membuat sebagian manusi merasa khawatir dan ketakutan akan terjadinya hal-hal serupa dengan kejadian buruk yang dialaminya di dalam mimpi tersebut. Salah satu mimpi yang sering kali membuat orang yang mengalaminya penasaran akan tafsir mimpi itu adalah ketika suami ber mimpi melihat gelas pecah. Apakah pertanda yang akan dialami?

Inilah Tafsir Mimpi Suami Melihat Gelas Pecah

Inilah Tafsir Mimpi Suami Melihat Gelas Pecah (langitallah.com)
Mimpi Melihat Gelas Pecah (ilustrasi)

Sahabat, sebelum kita menafsirkan arti mimpi tersebut, ada baiknya jika kita sedikit memahami apa sih sebenarnya pengertian mimpi itu sehingga banyak manusia yang merasa penasaran dengan ikhwal kejadian yang dialami dalam alam bawah sadarnya itu.

Pengertian Mimpi


Menurut Wikipedia, mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).

Dalam penjelasan wikipedia tersebut mengungkapkan bahwa, kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut sedang berlangsung, dan kadang – kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut. Orang yang sedang bermimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, seperti emosi takut dalam mimpi buruk.

Mimpi terjadi pada tahap kecepatan pergerakan mata ketika tidur, di mana aktifitas otak tinggi dan seolah-olah dalam keadaan terbangun (tidak tidur). Panjangnya mimpi bervariasi, minimal beberapa detik, atau ada yang bisa berlangsung selama 20 hingga 30 menit. Pendapat mengenai makna mimpi juga bervariasi berdasarkan waktu dan budaya. Kebanyakan penggemar Teori Freud setuju dengan makna penglihatan dalam mimpi merupakan penampakan dari hasrat dan emosi yang tersembunyi. Beberapa teori lain menunjukkan bahwa mimpi merupakan tahap pembentukan memori, penyelesaian masalah, atau sekedar produk dari aktifitas otak. [Wikipedia]

Namun bagaimana dengan tafsiran mimpi berdasarkan pandangan ilmu agama Islam? Apa yang harus dilakukan oleh seorang muslim ketika mengalami mimpi yang tidak ia sukai atau sering disebut dengan mimpi buruk.


Tafsir Mimpi Suami Melihat Gelas Pecah Dalam Pandangan Islam


Mimpi merupakan perkara yang sebaiknya jangan disepelakan, sebab di dalam mimpi mengandung hikmah yang harus mendapatkan tafsiran yang benar dan cermat. Di dalam pandangan agama Islam, mimpi telah dijelaskan dan telah dibahas dalam Al Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Di dalam keyakinan Islam, mimpi dibagi menjadi dua bagia, namun ada juga yang membaginya ke dalam 3 (tiga) bagian, yaitu mimpi yang berasal langsung dari Allah, dari diri sendiri, dan mimpi yang berasal dari setan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, menuntun kita agar tidak menceritakan mimpi buruk yang tidak kita sukai kepada orang lain. Namun tak jarang pula kita jumpai orang-orang yang begitu penasaran dan khawatir tentang tafsir mimpi buruk yang ia alami.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

فَلَا يُحَدِّثْ بِهِ إِلَّا مَنْ يُحِبُّ وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَلْيَتْفِلْ ثَلَاثًا وَلَا يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا فَإِنَّهَا لَنْ تَضُرَّهُ

“Siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu tidak membahayakannya.” [HR. Bukhari]

Dan pada kenyataannnya, tak banyak orang yang bisa menafsirkan sebuah mimpi. Dalam kisah Nabi dan Rasul sebagaimana telah dikisahkan dalam banyak buku yang mengulas tentang perjalanan Para Nabi dan Rasul Allah, hanya ada satu nabi yang dapat menafsirkan mimpi dengan sangat tepat, dialah Nabi Yusuf ‘alaihissalam. Sedangkan di kalangan para ulama, ada seorang yang berasal dari Basyrah, seorang tabi’in yang paling pandai menafsirkan mimpi, dialah Ibnu Sirin rahimahullah.

Lalu apakah Ibnu Sirin melakukan tafsir atas semua mimpi?. Ibnu Sirin yang terkenal ahli dalam menafsirkan mimpi pun sebenarnya enggan jika ditanya tentang tafsir mimpi buruk. Pernah suatu ketika, seseorang bertanya kepada Ibnu Sirin rahimahullah tentang makna mimpinya yang melihat gelas berisi air. Gelas itu pecah dan tinggal airnya. Namun, Ibnu Sirin menolak untuk menafsirkannya.

Ibnu Sirin hanya mengatakan, “Anggap saja engkau tak pernah melihat mimpi itu,”

Lalu laki-laki itu tetap mendesak Ibnu Sirin rahimahullah untuk menjelaskan tafsir mimpi buruk yang dialaminya.
“Tapi aku melihatnya,” jawab laki-laki tersebut.

Karena laki-laki tersebut terus mendesak Ibnu Sirin rahimahullah, maka beliau pun akhirnya menjelaskan tafsir mimpi buruk yang dialami oleh laki-laki tersebut.
“Istrimu saat ini hamil. Ketika melahirkan, ia akan meninggal dan bayinya selamat,” jelas Ibnu Sirin rahimahullah yang akhirnya membuat orang tersebut ketakutan.

Didalam ketakutannya yang menyelimuti dirinya, laki-laki tersebut lalu berkata pada Ibnu Sirin bahwa ia tak pernah melihat mimpi itu.
“Aku tidak pernah melihat mimpi itu,” kata orang itu berusaha menghibur diri, sebab istrinya saat itu memang sedang hamil.

Dikabarkan selanjutnya bahwa beberapa waktu kemudian, apa yang ditafsirkan Ibnu Sirin rahimahullah kepada laki-laki tersebut benar-benar terjadi. Istri laki-laki itu meninggal setelah melahirkan bayinya. Wallahu a’lam bishshawab. [Tim Redaksi LangitAllah.com]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel