Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Dosa Suami Kepada Istri Yang Anda Harus Ketahui

5 Dosa Suami Kepada Istri Yang Anda Harus Ketahui (langitallah.com)
Ilustrasi Istri Menangis Karena Dosa Suaminya (gambar dari google.co.id yang telah dimodifikasi)

5 Dosa Suami Kepada Istri Yang Anda Harus Ketahui


Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sahabat LangitAllah.com, pernikahan merupakan sebuah ikatan suci yang mengikat dua insan yang berbeda jenis (laki-laki dan wanita) menjadi sepasang suami istri lengkap disertai dengan segala hak dan kewajibannya masing-masing. Bagi sebagaian orang pernikahan itu sebuah peristiwa sakral, yang hanya dianjurkan dilakukan sekali saja dalam hidup ini. Di balik kalimat itu terkandung makna Kesetiaan terhadap pasangan kita.

Meski banyak kalangan memandang pernikahan itu adalah sebuah ikatan suci yang sakral dan hanya dapat dilakukan sekali saja, namun dalam kenyataannya terkadang seorang suami atau istri tak sedikit yang malah terperosok dalam perbuatan dosa  terhadap pasangannya. Dosa yang mungkin juga dilakukan tanpa sengaja sebab ketidaktahuan tentang hakikat diri dalam rumah tangga.

Segala hal yang disengaja ataupun tidak, perbuatan dosa dan kesalahan merupakan kedurhakaan terhadap Allah SWT, dan juga tentunya akan sangat mengganggu kita dalam upaya mewujudkan rumah tangga keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah.

Sahabat, perlu kita memahami bahwa baik suami atau pun istri, pasti pernah melakukan dosa dan kesalahan terhadap pasangannya. Tapi ketahuilah bahwa ada beberapa jenis dosa dan kesalahan yang dilakukan yang tanpa diketahui mungkin telah mengganggu kenyamanan jiwa pasangan kita. Namun kali ini LangitAllah.com hanya akan membahas 5 dosa suami terhadap istri saja. Insya Allah pada kesempatan berikutnya akan kita bahas juga jenis dosa istri terhadap suaminya yang tentunya tidak kalah pentingnya untuk kita ketahui bersama.

Lalu Dosa apa saja yang telah seorang suami lakukan terhadap istrinya yang mungkin masih banyak suami yang belum mengetahuinya.

Dalam rangka saling mengingatkan (sebagai kewajiban seorang muslim), maka berikut ini 5 Dosa Suami terhadap Istri yang harus anda ketahui, diantaranya :

  1. Suami Yang Malas Mencari Nafkah Untuk Istri dan Anak-anaknya
  2. Suami Yang Selalu Berburuk Sangka kepada Istrinya
  3. Suami Yang Pelit Kepada Istrinya
  4. Suami Yang Mengkhianati cinta Istrinya
  5. Suami Yang Tidak Memberikan Nafkah biologis kepada Istrinya


Mari kita bahas satu persatu, agar kita dapat memahaminya.

1. Suami Yang Malas Mencari Nafkah Untuk Istri dan Anak-anaknya


Di antara kewajiban suami terhadap istri adalah memberikan nafkah. Di antaranya adalah nafkah materi berupa tempat tinggal, pakaian dan makanan.

وَلَهُنَّ عَلَيْكُمْ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

“Mereka (istri-istri itu) berhak mendapatkan nafkah dan pakaian yang layak, yang menjadi tanggung jawab kalian (para suami)” (HR. Muslim)

Dosa suami yang meresahkan istri, di antaranya adalah, ketika suami malas mencari nafkah. Ketika keluarganya kekurangan, dengan santainya ia menyuruh istrinya meminta kepada orang tua. “Minta saja ke orang tuamu, orang tuamu kan kaya. Buat apa sih harta sebanyak itu kalau tidak untuk anaknya. Toh bulan ini kita belum minta kan”

Dosa suami semacam ini membuat istrinya resah. Ia malu jika terus menerus minta kepada orang tua padahal jika suaminya mau bersungguh-sungguh, ia bisa mencari nafkah tanpa harus menggantungkan kepada orang tua atau mertua.

Dalam ungkapan Jawa terdapat istilah yang menarik untuk menyindir dosa suami model begini. “Mo limo,” bunyi ungkapan tersebut, “mangan melu mertuo mergawe moh.” Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya: “Makan ikut mertua, bekerja tidak mau.”

Meskipun tidak banyak suami model malas begini, namun kenyataannya ada. Semoga Allah melindungi kita dari yang demikian adanya.


2. Suami Yang Selalu Berburuk Sangka kepada Istrinya


Berburuk sangka (su’udhan) merupakan hal yang diharamkan Islam. Meskipun buruk sangka adalah amalan hati, namun ia bisa mempengaruhi ucapan dan perbuatan sehingga istri resah karena ia selalu dicurigai dan dianggap bersalah.

إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيثِ

“Waspadalah dengan buruk sangka karena buruk sangka adalah sejelek-jeleknya perkataan dusta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada suami yang berburuk sangka kepada istrinya soal amanah keuangan. Ketika ada uang berkurang, suami langsung berburuk sangka dan menuduh istrinya. Padahal uang tersebut telah habis digunakannya sendiri. Atau ketika ada uang hilang, ia segera berburuk sangka dan menuduh istrinya telah mengambil uang tersebut. Setelah dicari ternyata ketemu di tempat lain, misalnya di celana sebelumnya.

Ada suami yang berburuk sangka kepada istrinya soal cinta dan kesetiaan. Ia selalu curiga ketika ada telpon untuk istrinya, ada SMS masuk, atau ada tanda WA masuk. Saat istrinya tidur, ia membuka semua SMS, WA dan BBM yang masuk. Setiap ada telepon, ia menguping suara siapa di sana; laki-laki atau perempuan.

Yang lebih parah, ketika suami berburuk sangka kepada istrinya soal kehormatan. Ia takut istrinya selingkuh, padahal ia tahu istrinya seorang yang shalihah. Ada sebuah anekdot, untuk memastikan istrinya tidak selingkuh, seorang suami setiap hari menggambar cicak di perut istrinya, dengan kepala menghadap ke bawah. Setiap sore ia periksa apakah gambar itu masih terbaca. Hari itu, kebetulan sang istri membeli lulur baru. Ia membersihkan seluruh bagian tubuhnya dan tanpa disadari gambar cicak itu hilang. Ia khawatir nanti suaminya curiga yang tidak-tidak. Maka ia pun menggambar kembali cicak itu di perutnya. Sayangnya, ia tidak sadar bahwa ia keliru menggambar terbalik, cicaknya menghadap ke atas. Sang suami pun marah, “Apa yang kau lakukan, mengapa gambar cicaknya telah berubah?” Sang istri yang dituduh bukan-bukan tak mau kehilangan akal. “Mungkin cicak ini nggak tahan baunya, jadi ia berbalik menghadap ke atas.”


3. Suami Yang Pelit Kepada Istrinya


Ini sedikit berbeda dibandingkan poin kedua. Sang suami sudah mencari nafkah, bahkan ia tergolong sudah kaya. Namun, ia sangat pelit dalam memberikan nafkah kepada istrinya.

“Ini uang 1 juta, harus cukup untuk satu bulan ya. Termasuk membayar SPP anak-anak.” Mendengar itu sang istri hanya bisa diam. Lalu ia pergi ke kamar dan menangis. Ia takut jika meminta akan dimarahi seperti biasanya, namun ketika ia menerima ia tahu uang itu tidak akan cukup sebulan.

Pernah seorang wanita mengadukan kepada Rasulullah betapa pelitnya suaminya. Ia pun lantas bertanya apakah boleh mengambil harta suaminya demi memenuhi kebutuhan pokok karena sebenarnya suaminya itu kaya dan banyak uangnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun lantas mengijinkannya mengambil sesuai kebutuha pokok.

Ibnu Qudamah menegaskan, “Memberikan nafkah kepada istri hukumnya wajib sebagaimana firman Allah dalam surat Ath Thalaq ayat 7.

لِيُنْفِقْ ذُو سَعَةٍ مِنْ سَعَتِهِ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا آَتَاهُ اللَّهُ

“Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Sedangkan orang yang disempitkan rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya…” (QS. Ath Talaq: 7)


4. Suami Yang Mengkhianati cinta Istri


Menikah adalah sebuah komitmen suci untuk hidup bersama dan saling setia. Namun kita lihat akhir-akhir ini, berita tentang kasus pengkhianatan cinta semakin banyak. Mulai selingkuh, berzina, hingga yang terselubung dalam bentuk pacaran dengan wanita yang tidak halal baginya.

Suami selingkuh, dalam kasus ini, merupakan dosa yang paling meresahkan dibandingkan dengan suami berzina dengan pelacur. Sebab selingkuh bukan hanya sekedar berzina tetapi juga ada ikatan cinta dan hubungan emosional. Wajar jika istri sangat marah dan tersakiti sebab ia dikhianati dan diduakan dengan wanita yang tidak halal.

Meskipun demikian, bukan berarti zina di mata Allah dosanya ringan. Sangat berat. Sebab Allah Subhanhau wa Ta’ala bukan hanya melarang zina tetapi juga melarang mendekati zina.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

“Dan janganlah kalian mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isra’: 32)


5. Suami Yang Tidak Memberikan Nafkah biologis kepada Istrinya


Dosa lain yang tak kalah meresahkan bagi istri adalah ketika suaminya tidak memberikan nafkah biologis kepadanya tanpa adanya udzur syar’i. Pada sejumlah kasus, dengan berbagai alasan klise, seorang suami tidak memberikan nafkah biologis kepada istrinya. Hal itu termasuk dosa karena suami istri wajib untuk memenuhi hak-hak pasangannya.

Bentuk yang lebih sering terjadi dan tidak disadari adalah suami hanya mementingkan hajatnya terpenuhi. Mereka melakukan hubungan di malam hari, namun sang suami cepat keluar dan meninggalkan istrinya begitu saja tanpa memberikan kepuasan kepadanya. Hal ini termasuk dosa.


Tadabbur


Wahai para suami... Ingatlah bahwa istri mu adalah amanah yang Allah titipkan kepadamu, padanya engkau memiliki hak dan tanggung jawab. Maka pergunakanlah hak dan tanggung jawabmu atasnya demi mencapai Ridha Allah Yang Maha Meridhai HAMBANYA.

Jika suatu ketika istrimu berlaku salah padamu, maka ingatkanlah ia agar ia mengerti maksudmu.

Jika suatu ketika ia berkata buruk padamu, maka janganlah kau membentaknya yang dapat melukai hatinya yang lemah.

Jika istrimu lupa menunaikan kewajibannya, maka bersabarlah sembari meminta pertolongan Allah Yang Maha Penolong.

Jika suatu ketika kau dapati ia mendurhakai Allah, maka nasehati dia dengan nasehat yang baik, mintalah Allah Yang Maha Membolak-balikkan hati agar ia kembali ke jalanNYA.

Wahai suami...
Ingatlah... dosa istrimu adalah juga karena kelalauianmu.. Maka berdoalah...

Berikut doa yang bisa kita jadikan referensi untuk memohon kepada Sang Pengabul Do'a.


Doa Memohon Ketentraman Dalam Keluarga


رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Ya Rabbi, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah bagi kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa (QS.Furqan(25):74)


Doa Nabi Ibrahim Untuk Keluargannya


رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Duhai Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang-orang yang berserah diri kepada-Mu dan jadikanlah anak cucu kami umat yang berserah diri kepada-Mu. Tunjukkanlah kepada kami cara-cara beribadah (kepada-Mu), dan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau Maha pengampun lagi Maha penyayang (QS. Al-Baqarah(2):128)


Doa Nabi Nuh Untuk Keluargannya


رَّبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا ‌

Duhai Rabbi, ampunilah aku, ibu-bapakku, orang yang masuk kerumahku dengan iman, dan seluruh kaum mu'min laki-laki maupun perempuan. Dan, janganlah Engkau tambahkan kepada orang-orang zhalim itu selain kebinasaan (QS.Nuh(71):28)


Doa Memohon Keselamatan Untuk Keluarga


رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ

Duhai Rabbi, selamatkanlah aku beserta keluargaku dari akibat perbuatan mereka(orang-orang durhaka) (QS.Asy-Syu'ara (26):169)


Doa Memohon Rahmat Untuk Orang Tua


رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Duhai Tuhanku, limpahkanlah rahmat-Mu kepada ibu-bapakku sebagaimana mereka telah mengurusku ketika masih kecil (QS.Al-Isra(17):24)


Doa Keluarga Menjadi Pendiri Shalat (Ahli Ibadah)


رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Duhai Rabbi, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Duhai Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (QS.Ibrahim(41):40).


Demikian 5 dosa suami kepada istri nya yang harus anda ketahui, Insya Allah di lain kesempatan akan kita bahas lanjutannya, yakni dosa-dosa apa saja yang istri kadang lakukan kepada suaminya, yang tentunya juga wajib bagi seorang istri ketahui.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Dan jika anda suka dengan artikel di dalam web LangitAllah.com, maka silakan digunakan dan berbagi kepada sesama muslim. Ingatlah bahwa dalam surah Al Ashr kita diperintahkan untuk saling ingat mengingatkan dalam kebaikan dan sabar. Dan tentunya dengan hati yang ikhlas. Wallahu a'lam bishshawab.

#Tim LangitAllah.com

Sumber: dari berbagai sumber

Label: 5 Dosa Suami Kepada Istri, Dosa, Dosa Suami, Keluarga